Cari

Loading

Selasa, 10 September 2013

Perhutani Bangun Pabrik Sagu di Papua


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk mengatasi tingginya harga bahan makanan pokok masyarakat Papua, Perum Perhutani akan membangun industri sagu di Papua Barat. Rencananya pabrik sagu BUMN kehutanan ini  akan memproduksi 100 ton per hari.

Direktur Utama Perum Perhutani Bambang Sukmananto mengatakan, harga bahan makanan pokok di Papua rata-rata lebih mahal dua kali lipat dari harga di luar Papua. ''Di Papua Rp 18 ribu sekilo, di luar Provinsi Papua hanya Rp 9.000,'' kata dia, Jumat (6/9).

Menurut Bambang, untuk memenuhi ketersediaan bahan baku pabrik sagu, Perhutani juga menggandeng masyarakat lokal untuk menjamin pasokan bahan baku pembuatan sagu. Bahan baku sagu akan ditanam sendiri oleh Perhutani.

Sagu, kata dia, merupakan makanan pokok masyarakat Papua dan simbol budaya masyarakat lokal Papua. Dari sagu dapat dihasilkan beras sintetis untuk mencukupi kebutuhan pangan nasional.

Pengembangan ini, lanjut Bambang, mensinergikan tiga aspek pengelolaan hutan lestari sesuai peran perusahaan tersebut mendukung kelestarian sumber daya alam dan lingkungan, sosial budaya dan perekonomian masyarakat.

Berdasarkan data Perhimpunan Pendayagunaan Sagu Indonesia (PPSI), produksi sagu nasional baru mencapai 200 ribu ton per tahun atau hanya sekitar lima persen dari potensi sagu nasional. Indonesia merupakan penyumbang terbesar sagu dunia, disusul Papua Nugini dan Malaysia.



Redaktur : Nidia Zuraya   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar